Sosialisasi Hidroponik Di Di Dusun Watu Belah Desa Trirejo

18 Agustus 2017

Kegiatan KKN mahasiswa UII didusun watubelah kemarin sore merupakan program kerja unit 161 yang mengambil tema untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Menurut wikipedea, “hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas “.

Kegiatan tersebut dihadiri ibu-ibu PKK didusun Watubelah, para peserta sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut diawali dengan pembuatan media tanam hidroponik dengan bahan dasar botol plastik, toples plastik, sekam, air dan tanah, dan tumbuhan cabe. Para perserta di ikut sertakan dalam pembuatan media tanam ini.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan media tanam hidroponik dengan menggunakan sirkulasi air dengan bahan dasar pralon dan pompa air. Namun dirasa cukup rumit dan memerlukan biaya yang lumayan mahal, sistem ini kurang diminati warga.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama, tak lupa ditampilkan hasil buatan para ibu-ibu PKK yang hadir dalam acara tersebut.(1)