KKN UII angkatan 55 dari unit 161 jurusan Teknik Kimia melihat, mengidentifikasi masalah, dan meneliti masalah yang dihadapi oleh warga RT 1 RT 2 di RW 4 dan RT 3 di RW 3 DusunKedungdowoterdapat beberapa sumur yang keruh akibat faktor kontaminasi dari irigasi persawahan, air sungai, dan lain lain. Sehingga penulis berinisiatif untuk menguji kualitas air sumur warga dengan mengukur tingkat keasaman air sumur tersebut, metode yang dilakukan dengan parameter kimia menggunakan kertas lakmus.

Sosialisasi pengujian kualitas air dilakukan pada pertemuan rutin ibu-ibu PKK di RT 1 / RW 4 pada tanggal 12 Agustus 2017. Dimana sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada warga tentang air bersih dan apa saja dampak penggunaan air yang termasuk dalam kategori tidak layak pakai.

Tahapan terakhir yaitu praktek pelaksanaan pengujian kualitas air sumur secara door to door ke rumah warga. Yang dilaksanakan pada tanggal 14, 15, dan 19 Agustus 2017 di RT 1 / RW 4. Target masing-masing RT yaitu 15 sumur dan dari hasil pengecekan pH rata-rata sumur warga memiliki PH antara 6-7 . Dari segi keasaman air tersebut masih baik untuk dikonsumsi, namun ada beberapa sumur warga yang dilihat dari faktor fisik air tersebut nampak keruh. Sehingga warga yang sumurnya keruh untuk mengonsumsi air minum, masak dan lain lain menggunakan sumur tetangga yang lebih jernih. Penulis juga mensosialisasikan bahwa air sumur apabila dikonsumsi harus di masak terlebih dahulu sampai mendidih agar bakteri patogen dapat mati.