IMG_0001

Trirejo. Mahasiswa KKN UMP 2017 bersama kelompok tani belajar bersama  membuat pakan ternak dengan bahan dasar jerami padi yang difermentasi . (08/02)

Hamid Hidayat (Peternakan UMP, 2013) bersama kelompok tani Tri Margo Mulyo III berlatih membuat pakan ternak dari jerami padi yang difermentasi pada hari Rabu, 08 Februari 2017 di Kandang Kelompok Tani Tri Margo Mulyo III. Perlu waktu kurang lebih 3 jam untuk belajar bersama guna membuat pakan ternak ini. Potensi limbah jerami padi yang ada di Desa Trirejo menjadi salah satu sorotan KKN Kelompok 4 UMP 2017, atas dasar hal itu dibuatlah Program Kerja guna memanfaatkan jerami padi untuk pakan ternak dengan proses fermentasi. Selain anggota kelompok tani, kegiatan ini diikuti juga oleh anggota mahasiswa KKN kelompok 4 dan perwakilan dari petugas Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL). “Limbah jerami padi masih banyak di Desa Trirejo dan pemanfaatannya masih kurang, hal itu yang membuat kami ingin mencoba memanfaatkannya menjadi pakan ternak dengan proses fermentasi” Ujar Hamid anggota KKN kelompok 4.

Anggota kelompok tani Tri Margo Mulyo III menyambut dengan antusisas metode pembuatan pakan fermentasi dari jerami padi dan akan dilanjutkan pada tanggal 19 Februari 2017 untuk memberikan hasil dari jerami fermentasi ke hewan ternak. Melalui fermentasi dapat meningkatkan nutrisi jerami padi, menurunkan serat kasar (SK), dan memaksimalkan limbah jerami yang ada. (UA)