Senin, 28 Agustus 2017

Masyarakat Ekonomi Asean adalah proyek yang telah lama disiapkan seluruh anggota ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN dan membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat. Masyarakat ASEAN merupakan keniscayaan yang harus dihadapi dengan penuh persiapan, termasuk dalam bidang pendidikan yang bisa dimulai dari sekolah menengah pertama.

Generasi Muda Indonesia, sebagai salah satu pemimpin masa depan di ASEAN, ternyata masih ada yang belum memiliki kesadaran akan peran mereka dalam ASEAN. Hal ini lebih dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh seputar kegiatan ASEAN. Karena itu, diperlukan kegiatan komunikasi mengenai masyarakat ASEAN.

Melihat minimnya informasi mengenai masyarakat ASEAN,  Mahasiswa KKN UII angkatan 55 unit 161 dan 162 khususnya jurusan Hubungan Internasional berinisiatif melakukan pengenalan masyarakat ASEAN kepada Siswa Siswi SMP Setya Budi Trirejo dengan membuka forum untuk berdebat antara Siswa/i yang pro dan yang kontra. Tujuannya yaitu agar Siswa/i lebih tahu tentang masyarakat ASEAN dan dapat mempersiapkan sejak dini untuk bersaing memanfaatkan identitas sebagai Masyarakat ASEAN. (10)