Melanjutkan dari program kerja instalansi penerangan lampu jalan Mahasiswa Elekro KKN UII yaitu Rahmat Hidayat unit 161, Bayu Dede Kurniawan  164, Gatot Triambodo 165 dan Ridho Widodo 166 berinisiatif  mengembangkan budaya hemat energi dengan cara mengesiensi pemakaian listrik khususnya pemakaian lampu penerangan warga dengan lampu penerangan otomatis. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 20-25 Agustus 2017 di Desa Trirejo.

Biaya listrik yang kian hari semakin mahal tentu membebani masyarakat. Sehingga perlu upaya penghematan pemakaian energi listrik untuk mengurangi biaya listrik bulan. Salah satu upaya yaitu dengan mengefisiensi pemakain peralatan listrik, pemakaian hanya dipakai saat diperlukan saja. Contohnya yaitu pengesiesi pemakaian lampu penerangan. Kebiasaan mematikan lampu pada siang hari terkadang terlupakan. Alternatifnya mahasiswa KKN UII memberikan solusi yaitu dengan menggunakan lampu otomatis.

Lampu otomatis menggunakan sensor cahaya LDR (light dependent resistor) yang membaca itensitas cahaya yang ada di sekitarnya. Bila itensistas cahaya tinggi (siang hari) yang tertangkap sensor maka lampu akan mati dengan sendirinya, sedangkan bila intesitas cahya rendah (malam hari) yang tertangkap sensor maka lampu akan menyala dengan sendirinya.

Harapannya dengan pemasangan lampu penerangan otomatis ini dapat mengurangi lupa mematikan lampu pada siang hari dan dapat sedikit menjadi upaya hemat energi di Desa Trirejo ini.