Kamis, 24 Agustus 2017

Desa Trirejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Umumnya masyarakat di wilayah khususnya di Dusun Kedungdowo dan Sejiwan masih memiliki lahan pekarangan yang cukup luas, sehingga pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan dapat dioptimalkan dengan penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga).

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UII Setyo Novianto Unit 163 di lapangan diketahui bahwa beberapa warga telah menanam TOGA, namun demikian jumlah TOGA yang ditanam jumlahnya terbatas. Sebagian dari mereka telah mengetahui khasiat TOGA dan secara teknis juga telah mampu mengolah TOGA, namun demikian mereka belum memahami khasiat TOGA secara ilmiah. Oleh karena itu perlu dilakukan sosisalisai tentang khasiat TOGA secara ilmiah. Itulah yang melatarbelakangi salah satu mahasiswa bernama Setyo Novianto yang berasal dari jurusan Ilmu Ekonomi mengambil proker Individu tersebut.

Aksi sosialisasi pemanfaatan, penanaman dan pemberian toga diawali dengan melakukan penanaman toga sebanyak  40 tanaman yang terdiri dari 5 jenis tanaman diantaranya  jahe merah, kunyit, brotowali,  lidah buaya , daun sirih merah di depan posko 163 dengan memanfaatkan pupuk kompos  dari TPST Desa Trirejo.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan pembagian toga beserta selebaran materi ke warga secara door to door mendatangi rumah – rumah  di  RT 2 RW 2, RT 4 RW 2,  RT 2 RW 3,  RT 1 RW 3 Dusun Kedungdowo dan Sejiwan dari tanggal 19 Agustus sampai 24 Agustus 2017. Sosialisasi ini berisi mengenai pengetahuan tentang pemanfaatan tanaman toga, cara menanam toga, dan pengolahan toga yang baik dan benar.

 

Harapanya Toga dapat dikembangkan warga menjadi tanaman obat secara individual dan memanfaatkannya sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. Selain itu Toga dapat dijadikan sebagai usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal seperti VCO dari ibu – ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) yang sudah terlebih dahulu terkenal sebagi obat yang berkhasiat mengatasi segala jenis penyakit sehingga menjadi produk unggulan dari Desa Trirejo.